Jumat, 20 November 2009

Mengatasi Harddisk External yang tidak terbaca

Harddisk external ku dah setahun ini setia simpan data-dataku mulai ngulah, kata temen teknisi kalo hardisk eksternal dah bunyi seperti piring yang beradu tanda-tanda sudah mau almarhum, tapi seperti biasa ... aku cuek aja ... he2.
Kalo nurutin cerita, hardiskku ini dah hampir 10x terjun bebas ke lantai keramik, dan ga ada masalah. Pernah ga mau baca setelah ganti kabel mau lagi, pokoknya bandel deh.
Sampai puncaknya hari Jumat, 20-11-09, tiba-tiba Excel Office ku ga mau disave lagi, trus balon dialog bilang removable drive has remove terus, abis itu konek lagi, trus begitu sampai beberapa kali. Waduh dah mulai ngulah nih, segera ambil harddisk WD ku (master data) siap2 backup, tapi ternyata sudah terlambat ...

Drive PROJECT yang harusnya ada di drive (N:) dah berubah jadi Local Disk (N:) dan ga bisa baca lagi, mana disitu semua data proyek2 ku, panik... coba ambil colok lagi, hasilnya tetep sama, kutinggal sholat Ashar dulu siapa tahu bener lagi (sambil berdoa : Ya Alloh, jangan ambil dataku ! Tolong ya Alloh ) .

Setelah udah lebih 10 menit ditungguin, ternyata ga bisa juga, panik ... panikkkkkk !!!!

Ambil Nokia E71 ku, langsung telpon teknisi "kepercayaan", ditanya apa ada bunyi piring beradu, tek ...tek ...putus2 ? kujawab ada, katanya kemungkinan bad sector dan recoverynya lama dan butuh waktu. Pucattt .......... mana ada tugas ditunggu bos, ini bukan tugas saja yang belum selesai tapi semua data ilang, Si andi lau (teknisi gw) bilang coba mas download software namanya Get back data, kalo ga bisa recovery nanti baru saya turun tangan katanya.

Balik lagi ke PC gw, langsung ketik di link favorit gw http://www.phazeddl.com , nyari software get back data, ketemu, dan ini skrinsutnya : cari yang portabel biar bisa nanti aku simpen di falshdisk,


Pelan-pelan ku coba langkah-langkah yang diminta, sampai akhirnya ke proses recoverynya, sambil tekan tombol Enter, kubaca Bismillah.
Woalaaa !!!!! Berhasil !!!! Dataku kembali ke file semula, tanpa cacat sedikitpun, ck ... ck... hebat, dari hardisk eksternal yang ga bisa baca lagi bisa kembali ke file semula, bahkan software ini pun bisa mengembalikan file yang terhapus / delete.
Tak lupa sujud syukur, segera kukerjakan tugas dari bos, setelah itu backup semua data ke hardisk yang masih "sehat".

Pelajaran yang dapat diambil :

  1. Berdoa dan berserah diri kepada Alloh supaya diberikan petunjuk mengenai suatu masalah ...
  2. Jangan terlalu percaya dengan kemampuan hardisk eksternal atau media penyimpan seperti flash disk, backup dan back up terus data anda secara periodik.
  3. Jangan sekali-kali mengabaikan hardisk eksternal yang sudah lebih 1 tahun dipakai, apalagi frekuensi pemakaiannya tinggi. segera ganti dengan yang baru!! Data anda adalah yang paling berharga ...
  4. Hardisk eksternal tidak lepas dari kemungkinan bad sector, apalagi karena sifatnya yang mobile kemungkinan jatuh, terbentur sangat besar, potensial menimbulkan resiko kerusakan yang lebih besar juga.
  5. Beberapa tanda hardisk dah mulai ngulah adalah bunyi putarannya yang kasar, mengeluarkan suara putus-putus seperti piring yang beradu, kalo dah begini jangan dianggap enteng.
  6. Jangan terlalu cepat menyerahkan masalah ke penyedia jasa recovery, toh dengan software yang simple aja ternyata bisa balik, kalo terlanjur kita kasih ke bengkel hardisk pasti keluar biaya besar!
Wassalam ....
Categories:

15 komentar:

  1. link http://www.phazeddl.com/ ko g bisa dbuka mas..

    BalasHapus
  2. kalo harddisk external itu pake yg getdataback FAT atau NTFS gan?

    BalasHapus
  3. langkah2nya gmana???
    aku juuga ada bunyi tek tek tek trus putus..

    BalasHapus
  4. http://www.4shared.com/rar/wX9VsH-h/runtime_getdataback_for_ntfs_v.html

    BalasHapus
  5. Thanks for informasinya. Sangat membantu sekali. Benar banget saran2 yang tsb di atas. (•ˆ▿ˆ•)♉

    BalasHapus
  6. whahahahhahahaaa sekarang aku yg panik mas

    BalasHapus
  7. kok malah ga bisa digunakan katanya ga respon

    BalasHapus
  8. linknya kok ga bisa. di phazeddl.com sama di 4shared

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di post saya yang kedua Mengatasi Harddisk External yang tidak terbaca (part 2) ... sdh saya sediakan link dan cara mencari softwarenya

      Hapus
  10. Ini software untuk ngembaliin data aja? Kalau mau hardisknya ingin seperti semula dan tidak mnengeluarkan suara itu harus gimana ya? Kalau utk service biasanya berapa ya?

    BalasHapus
  11. @Lita : kalo hardisknya udah rusak hardwarenya sepertinya harus sudah ganti baru, alias tidak layak lagi untuk menyimpan data, kalo di format ulang masih bisa dipakai, rajin-rajin saja backup ke hardisk lain

    BalasHapus
  12. saya punya masalah yg sama neh
    makasih infonya

    BalasHapus
  13. halo mas.. pas saya klik next (masuk thp kedua) malah keluar "Error Bad Address Mark while reading sector 64 on drive F:" mohon bantuannya

    BalasHapus
  14. Hmm ...felix, jika dialog itu yang keluar coba seperti ini : 1. Coba ganti kabel data yang digunakan 2. Ulangi lagi prosesnya... jika masih keluar juga berarti ada kemungkinan bahwa hardisk felix sudah terlalu berat kerusakan fisik/hadrware nya atau istilah bahasa inggrisnya "physically damaged". sehingga GetBackData tidak mampu lagi merecover hardisk tersebut, cara terbaik adalah membawa ke recovery lab/ teknisi recovery harddisk dan mendapatkan saran terbaik dari mereka. Semoga membantu ... salam

    BalasHapus